TIM PPG UIN Walisongo Semarang Melihat Hijaunya Kampus UIN Alauddin Makassar

Prodi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang berkunjung ke Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Kunjungan tersebut dalam rangka Benchmarking pengembangan Prodi Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Rombongan Tim PPG FITK UIN Walisongo yang dipimpin oleh Wakil Dekan I Dr Mahfud Junaedi MAg diterima di Ruang Rapat FTK Kampus UIN Alauddin Makassar, Jl. H.M. Yasin Limpo No. 36 Samata, Kab Gowa, Sulawesi Selatan, Rabu (8/12/2021).

Tim PPG UIN Walisongo Semarang yang terdiri dari Kaprodi, Sekprodi dan 2 staff ahli diterima secara langsung oleh Dekan FTK, Dr. H. A. Marjuni, S.Ag., M.Pd.I. Turut hadir pula dalam acara penyambutan para Kaprodi dan Sekprodi di lingkungan FTK UIN Alauddin Makassar.

Menurut Dekan FTK UIN Alauddin Makassar, FITK UIN Walisongo melakukan studi banding dengan tujuan mendapatkan informasi pengalaman pengelolaan PPG FTK UIN Alauddin Makassar.

“Melalui kegiatan benchmarking ini harapannya antara Prodi PPG FITK UIN Walisongo dengan PPG UIN Alauddin Makasaar bisa saling share pengalaman dalam pengelolaan prodi PPG,” tutur Dekan FTK dalam sambutannya.

Menurut Dekan FTK UIN Alauddin Makassar, pihaknya siap berkolaborasi dengan FITK UIN Walisongo, baik dalam pengembangan tata Kelola, maupun SDM Prodi PPG.

Dalam kegiatan Benchmarking ini, pengelola PPG FTK UIN Alauddin Makassar menjelaskan seputar manajemen pelaksanaan PPG tahun 2021 yang terdiri dari 2 tahap mulai dari proses penerimaan mahasiswa, proses perkuliahan, hingga proses ujian kompetensi mahasiswa PPG (UKMPPG).

Dalam sambutannya, ketua rombongan UIN Walisongo Semarang yaitu Wakil Dekan 1 FITK, Dr. Mahfud Junaedi, M.Ag. menyampaikan bahwa dengan adanya Kerjasama yang baik antara PPG UIN Walisongo Semarang dan PPG UIN Alauddin Makassar dapat memberikan kontribusi yang optimal dalam mencetak Guru profesional dilingkungan Kementerian Agama RI.

“Kami sampaikan terimakasih kepada segenap jajaran pimpinan FTK UIN Alauddin Makassar yang telah menerima kedatangan kami dengan baik, sehingga kegiatan Benchmarking ini bisa berjalan dengan lancar, semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi UIN Walisongo Semarang dan UIN Alauddin Makassar” imbuh Mahfud Junaedi di akhir sambutannya.

Perlu diketahui Bersama bahwa pada tahun 2021 baik prodi PPG UIN Walisongo Semarang dan PPG UIN Alauddin Makassar sama-sama mendapatkan amanah dari Kementerian Agama RI untuk melaksanaan Pendidikan Profesi Guru bagi Guru Madrasah dan PAI dalam jabatan. FITK UIN Walisongo dan FTK UIN Alauddin Makassar termasuk salah satu dari 23 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang telah menerima SK izin Prodi PPG dengan Keputusan Menteri Agama Nomor 26 Tahun 2021 tentang Izin Penyelenggaraan Prodi PPG untuk Program Profesi.

FITK UIN Walisongo dan FTK UIN Alauddin Makasaar menyepakati bahwa kualitas guru menjadi salah satu faktor utama yang harus diperhatikan untuk menjamin sistem pendidikan yang bermutu dan berdaya saing. Untuk mewujudkan hal tersebut tentunya dibutuhkan Kerjasama yang baik antar PTKI penyelenggara PPG Kementerian Agama RI.

Selesai bincang-bincang seputar PPG, rombongan UIN Walisongo Semarang disambut dengan hangat oleh Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof. Drs. Hamdan Juhannis M.A, Ph.D. Rombongan diajak untuk berkeliling kampus untuk melihat hijaunya kampus UIN Alauddin Makassar. Mahfud junaedi berharap Hadirnya rombongan FITK UIN Walisongo Semarang di UIN Alauddin Makassar mampu meningkatkan motivasi pimpinan untuk bisa mengembagkan FITK kearah yang lebih baik, sehingga mampu berdaya saing dengan PTKI lainnya.