NoNama Dosen/NIPJudul PTKTahunUraian relevansi dengan masalah pembelajaran
12345
1Dr. Nur Asiyah, MSI./197109261998032002Penerapan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Mengaji Dan Mengkaji Qs.At-Tin Dan Hadis Tentang Silaturahmi Kelas Iv Sdn 1 Margomulyo2021Penggunaan media audiovisual relevan untuk mengatasi kesulitan peserta didik dalam memahami dan menghafal ayat Al-Quran serta hadis tentang silaturahmi, yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa kelas IV.
2Dr. Karnadi, M. Pd./196803171994031003Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Iv Di Sdn 1 Gunung Tiga2021Masalah kurangnya aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran PAI diatasi dengan menerapkan metode Problem Based Learning untuk meningkatkan partisipasi aktif siswa kelas IV
3Dr. Mahfud Siddiq, Lc. M. A/196802272000031001Peningkatan Hasil Belajar Materi Tata Cara Bersuci Melalui Metode Diskusi Kelompok Bagi Siswa Kelas Ib Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Sleman2021Pembelajaran materi tata cara bersuci memerlukan pemahaman praktis yang dapat ditingkatkan melalui metode diskusi kelompok untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IB
4Prof. Dr. Mahfud Junaedi, M. Ag./196903201998031004Penggunaan Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Kabupaten Tanggamus 2022Model Discovery Learning digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa yang rendah pada materi pendidikan karakter (cita-cita menjadi anak sholih) di kelas IV.
5Dr. Agus Sutiyono, M. Ag./197307102005011004Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ipa Materi Energi Dan Perubahannya Menggunakan Media Konkret Mata Pelajaran Ipa Materi Energi Dan Perubahannya Menggunakan Media Konkret2022Penggunaan media konkret relevan untuk mengatasi kesulitan siswa dalam memahami konsep abstrak tentang energi dan perubahannya pada mata pelajaran IPA kelas III.
6Dr. H. Ahmad Maghfurin, M.Ag.,MA/197501202000031001Peningkatan Hasil Belajar Fikih Materi Sholat Berjama’ah Menggunakan Metode Demonstrasi 2022Metode demonstrasi dipilih untuk meningkatkan pemahaman praktis dan hasil belajar siswa kelas VII dalam materi sholat berjamaah yang membutuhkan keterampilan prosedural
7Hj. Tuti Qurrotul Aini, MSI/197210161997032001Peningkatan Hasil Belajar Materi Sholat Fardhu Melalui Metode Demonstrasi Pada Peserta Didik Kelas Vii Mts Assalam Salem2022Pembelajaran materi sholat fardhu membutuhkan metode demonstrasi untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan praktis peserta didik kelas VII.
8Prof. Dr. Musthofa, M. Ag./ 197104031996031002Peningkatan Hasil Belajar Materi Bangun Datar Dengan Media Gambar Di Madrasah Ibtidaiyah2023Penggunaan media gambar relevan untuk membantu visualisasi dan pemahaman konsep bangun datar yang bersifat abstrak pada peserta didik kelas V.
9Dr. Aang Kunaepi, M. Ag./ 197712262005011009Penerapan Metode Bermain Peran Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Shalat Berjama’ah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii G Mts Negeri 6 Klaten2023Metode bermain peran dipilih untuk meningkatkan pemahaman dan praktik shalat berjamaah pada siswa kelas VII G yang memerlukan pengalaman langsung.
10Dr. Fihris, M. Ag/ 197711302007012024Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Peserta Didik Kelas Madrasah Ibtidaiyah2023Problem Based Learning diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menghadapkan siswa pada masalah nyata yang dapat meningkatkan pemahaman konsep.
11Dr. Dwi Istiyani, M. Ag./ 197506232005012001Alternatif Pembelajaran Kombinasi Dalam Jaringan (Daring) Dan Luar Jaringan (Luring) Bagi Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid – 19 Di Raudhatul Athfal (Ra) Kota Semarang Klaster Penelitian Pengembangan Program Studi (Madya) Diajukan Untuk Memperoleh Bantuan Penelitian Uin Walisongo Tahun Anggaran 20212023Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini memiliki relevansi yang signifikan dalam upaya menyelesaikan masalah pembelajaran bagi anak usia dini di Raudhatul Athfal (RA) Kota Semarang selama masa pandemi Covid-19. Situasi pandemi menghadirkan tantangan besar, khususnya dalam menyediakan model pembelajaran yang efektif sekaligus adaptif terhadap keterbatasan yang dihadapi peserta didik, guru, dan orang tua. Alternatif pembelajaran kombinasi dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring) yang diusulkan melalui penelitian ini menjadi solusi strategis untuk memastikan proses pembelajaran tetap berlangsung secara optimal meskipun dalam kondisi yang tidak ideal. Model pembelajaran kombinasi ini memungkinkan pemanfaatan teknologi digital untuk pembelajaran daring, sementara metode luring yang terencana dan terbimbing dapat digunakan untuk mendukung keterlibatan langsung, keterampilan motorik, dan interaksi sosial anak yang sulit dicapai melalui pembelajaran daring saja. Penelitian ini juga dirancang untuk mengembangkan pendekatan yang kontekstual dan relevan dengan kebutuhan anak usia dini, dengan mempertimbangkan aspek psikologis, kognitif, dan emosional mereka. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata berupa panduan pembelajaran kombinasi yang dapat diimplementasikan secara luas di RA lain, terutama di daerah yang menghadapi tantangan serupa. Selain itu, melalui pengembangan kurikulum yang inovatif dan berbasis kebutuhan lokal, penelitian ini dapat mendukung pencapaian target pendidikan nasional selama pandemi, sekaligus memberikan kerangka kerja bagi penelitian lanjutan terkait inovasi pembelajaran di tingkat pendidikan anak usia dini. Dengan demikian, PTK ini tidak hanya relevan untuk memecahkan masalah pembelajaran selama pandemi, tetapi juga memberikan dasar untuk peningkatan kualitas pendidikan di masa depan.
12Prof. Dr. Mahfud Junaedi, M.Ag./ 196903201998031004Pembelajaran Online Bagi Mahasiswa Uin Walisongo Semarang Pada Masa Covid-192022Judul penelitian tindakan kelas (PTK) Pembelajaran Online bagi Mahasiswa UIN Walisongo Semarang pada Masa COVID-19 sangat relevan dalam menyelesaikan masalah pembelajaran di era pandemi. COVID-19 telah mengubah sistem pendidikan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, di mana banyak perguruan tinggi beralih ke pembelajaran daring. Bagi mahasiswa UIN Walisongo Semarang, perubahan mendadak ini menimbulkan berbagai tantangan, mulai dari keterbatasan akses teknologi, kesulitan dalam memahami materi yang diajarkan secara online, hingga rendahnya motivasi belajar. Dengan fokus pada pengembangan model pembelajaran online yang lebih efektif, penelitian ini bertujuan untuk menemukan solusi praktis yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di masa pandemi. Penelitian ini juga akan mengeksplorasi strategi untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut, baik dari sisi pengajaran dosen maupun partisipasi mahasiswa. Pendekatan PTK dalam penelitian ini memungkinkan adanya refleksi dan perbaikan berkelanjutan pada setiap siklus, sehingga dapat memperbaiki pengalaman pembelajaran daring secara lebih sistematis. Dengan demikian, penelitian ini sangat relevan untuk membantu meningkatkan efektivitas pembelajaran online dan mendukung keberhasilan akademik mahasiswa UIN Walisongo Semarang di masa COVID-19, sekaligus memberikan kontribusi positif bagi pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia di masa depan.

Luaran PTK oleh Dosen

NoNama Dosen/NIPJudul PenelitianBentul Luaran
(Jurnal, Prosiding,Media Online)
Judul Luaran
12345
1Dr. Dwi Istiyani, M. Ag./197506232005012001Alternatif Pembelajaran Kombinasi Dalam Jaringan (Daring) dan Luar Jaringan (Luring) bagi Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid – 19 di Raudhatul Athfal (RA) Kota Semarang Klaster Penelitian Pengembangan Program Studi (Madya) Diajukan untuk memperoleh bantuan Penelitian UIN Walisongo Tahun Anggaran 2021JurnalFormation of Early Childhood Religious Character Through Storytelling Television Media (Viber) in Islamic History Learning at Kindergarten in Semarang City
2Prof. Dr. Mahfud Junaedi, M.Ag./196903201998031004Pembelajaran online bagi Mahasiswa UIN Walisongo Semarang pada masa Covid-19JurnalIssues in the Implementing of Online Learning in Islamic Higher Education During the Covid-19 Pandemic
3Dr. Mahfudz Shiddiq, Lc.MA/196802272000031001Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Arab Melalui Metode Picture And Picture Bagi Kelas VIII MTs Negeri 2 JeparaJurnalPeningkatan Hasil Belajar Bahasa Arab Melalui Metode Picture And Picture Bagi Kelas VIII MTs Negeri 2 Jepara
4Zulaikhah, M.Ag., M.Pd./197601302005012001Implementasi Model Problem Based Learning dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Madrasah IbtidaiyahJurnalImplementasi Model Problem Based Learning dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah
5Prof. Dr. Musthofa, M.Ag./197104031996031002Implementation of Humanistic Education in Shaping to a Moderate Attitude in Elementary SchoolsJurnalImplementation of Humanistic Education in Shaping to a Moderate Attitude in Elementary Schools
6Dr. Mahfudz Shiddiq, Lc.MA/196802272000031001Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Arab Melalui Media Flash card Bagi Kelas VIII MTs Al Manshur Klaten Pelajaran 2022/2023JurnalPeningkatan Hasil Belajar Bahasa Arab Melalui Media Flash card Bagi Kelas VIII MTs Al Manshur Klaten Pelajaran 2022/2023
7Prof. Dr. Mustaqim, M.Pd./195904241983031005Penerapan Metode Card Sort untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah DasarJurnalPenerapan Metode Card Sort untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar
8Prof. Dr. Abdul Kholiq, M.Ag/197109151997031003Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Metode Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama IslamJurnalMeningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Metode Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
9Dr. Nasirudin, M.Ag./196910121996031002Peran penddikan damai dalam mencegah Tindakan anti terorisme di  Al-Irsyad Islamic Boarding SchoolsJurnalImplications of Peace Education in Fighting Terrorism Issues at the Al-Irsyad Islamic Boarding Schools
10Dr. Fihris , M.Ag/197711302007012024Kegiatan Sedekah Jumat dalam Membentuk Jiwa Sosial di SMP Negeri 35 SemarangJurnalPeran Sedekah Jumat dalam Membentuk Jiwa Sosial di SMP Negeri 35 Semarang